Testimoni Peserta Pelatihan Pendamping Profesional dari Pulau Morotai

Kader Abdurrahman,SE, Pendamping Desa Pemberdayaan di Kabupaten Morotai, Maluku Utara menjadi peserta ‘Pelatihan Pendamping Profesional untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Penguatan Kapasitas Pemerintah Desa’, Kota Kendari, 22-31 Januari, 2018. Kerjasama Pemprov. Sultra, Maluku Utara dan Papua Barat dengan Japan International Cooperation Agency, JICA’.

Kader adalah pendamping P3MD yang sebelumnya pernah bekerja di Program PUAP (Program Usaha Agribisni Perdesaan dengan Kementrian Pertanian pada tahun 2011-2015.

“Saya masuk di P3MD pada akhir tahun 2015 sampai sekarang. Saya sering mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan yang di lakukan oleh Satker P3MD di antaranya kegiatan pelatihan pra tugas sampai dengan kegiatan penguatan kapasitas dan pelatihan pendamping professional,” kata Kader kepada COMMIT.

“Tapi saya masih anggap semua kegiatan yang sudah saya ikuti belum terlalu rasakan perubahan yang signifikan. Tapi ketika mulai mengikuti kegiatan pelatihan Yang di lakukan oleh JICA kerjasama Pemerintah Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua Barat di Grand Clarion Hotel Kendari 22-31 Januari 2018, saya merasa banyak hal positif dan ilmu yang saya dapat,” akunya.

“Saya sangat bangga dan sangat berterima kasih kepada pihak JICA yang telah melakukan kegiatan ini karena pematerinya sangat profesional dan berpengalaman,” tambahnya.

“Semua materi saya suka karena semua pemateri profesional dan berpengalaman,” katanya.

“Saya akan terapkan ilmu dari pelathan ini, dalam hal pendampingan, pengembangan SDM, pemanfaatan SDA dan perencanaan yang ada di desa dampingan. Juga hal-hal yang menyangkut dengan kesejahteraan masyarakat desa terutama desa dampingan,” paparnya.

Para peserta pelatihan bersama narasumber (foto: COMMIT)
Para peserta pelatihan bersama narasumber (foto: COMMIT)

Menurutnya, dia sangat puas walaupun masih ada kekurangan mulai dari pembukaan sampai penutupan.

“Tapi kita sebagai manusia pasti ada kesalahan dan kekurangan,” kata pendamping desa yang lokasi pendampingan di Kecamatan Morotai Utara, Pulau Morotai ini.

Kader mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Dinas PMD Maluku Utara dalam hal ini Satker Propinsi Maluku Utara yang mempercayakan kepadanya dan teman-teman untuk mewakili Maluku Utara.

“Tak lupa pula saya mengucapkan terima kasih kepada tenaga ahli Kabupaten Pulau Morotai, Dinas PMD Morotai serta teman-teman PLD,PD Pulau Morotai yang memberi doa dan dukungan sehingga kami peserta Maluku Utara bisa mengikuti kegiatan pelatihan sampai selesai,” pungkasnya.

“Juga kepada JICA dan COMMIT,” kata ketua tim Maluku Utara selama pelatihan ini yang mewakili Kabupaten Pulau Morotai, Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Selatan.