Home Tentang COMMIT

Tentang COMMIT

Sulawesi Capacity Development Project (CD Project) telah melaksanakan berbagai jenis kegiatan sejak tahun 2007, yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas para fasilitator masyarakat, perencana dan pengambil kebijakan berkaitan dengan pembangunan daerah pada 6 propinsi di Sulawesi termasuk mengorganisir kegiatan pelatihan di Jepang.

Alumni tersebut telah memulai mengambil peran yang sangat penting dalam berbagai bentuk, baik sebagai nara sumber dan fasilitator untuk pelatihan-pelatihan yang dilakukan ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota, merumuskan dan menjalankan mekanisme baru dalam kolaborasi pembangunan daerah serta fasilitasi pemberdayaan masyarakat.

Demikian juga upaya mengembangkan dan menyebarluaskan pendekatan-pendekatan tersebut pada wilayah lain, dengan menggunakan pengalaman, dan pendekatan pelatihan yang diperoleh selama terlibat dalam kegiatan proyek. Tentu saja, pengembangan dan penyebarluasan CD Project Approach ini tidak mudah apalagi setelah proyek 5 tahun ini selesai pada September 2012 nanti. Dibutuhkan sebuah bentuk baru keorganisasian yang akan menjadi mitra bagi para pihak dalam mengembangkan dan menerapkan pendekatan ini.

Berbagai diskusi dan pertemuan dilakukan yang diikuti oleh tokoh kunci dan perwakilan para pihak dari tingkat nasional sampai kabupaten, para nara sumber, fasilitator-fasilitator pelatihan dan perguruan tinggi untuk mencari bentuk keorganisasi yang paling tepat. Pada 3 Maret 2012,  dalam sebuah pertemuan, “COMMIT” dideklarasikan sebagai sebuah organisasi yang akan berfungsi sebagai Resource Bank dari CD Project

Mengapa “Community Initiative”?

Komunitas adalah sektor paling dasar dalam pembangunan. Saat ini, komunitas seringkali kehilangan keberdayaannya untuk mengembangkan diri mereka sendiri. Inisiatif menentukan keberhasilan dan keberlanjutan. Inisiatif hanya bisa dikenali dan dikembangkan melalui sebuah proses dan metode fasilitasi yang tepat pula oleh para aktor, baik yang berasal dari GO-NGO, perguruan tinggi bahkan pihak swasta.  COMMIT ini didirikan untuk mengembangkan kapasitas mereka.

Visi COMMIT adalah terdepan dalam mendorong inisiatif masyarakat untuk transformasi sedangkan misinya adalah; 1. Meningkatkan kapasitas para pihak dalam memfasilitasi inisiatif masyarakat berbasis mekanisme kolaborasi, 2. Mengembangkan kapasitas organisasi dalam memberi pelayanan kepada pemerintah pusat dan daerah, organisasi non pemerintah, lembaga bantuan nasional dan internasional, 3. Mendorong kebijakan daerah, nasional dan internasional yang berpihak pada penguatan kapasitas masyarakat, 4. Mengembangkan kajian dan publikasi praktek-praktek pembangunan berbasis komunitas dan mekanisme kolaborasi.

Program-programnya, 1. Peningkatan kapasitas melalui training, seminar and lokakarya berdasarkan siklus mikro pemberdayaan masyarakat, 2. Konsultasi disain perencanaan dan pengembangan program-program pemberdayaan masyarakat, 3. Konsultasi dan penguatan kapasitas organisasi pemerintah dan non pemerintah, 4. Advokasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah, lembaga bantuan nasional dan internasional dalam rangka mendorong proses pembangunan yang berbasis komunitas dan mekanisme kolaborasi.

Badan Pengurus

Ketua                      :  Ashar Karateng

Wakil Ketua             :  Ruslan Dg. Situju

Sekretaris               :  Kamaruddin Azis

Admin/Finance        :  Nirwana Anar

Perwakilan Provinsi

  1. Sulawesi Tenggara : Ruslan Dg. Situju
  2. Sulawesi Utara : Noni Tangkilisan
  3. Sulawesi Barat : Mirfan
  4. Gorontalo : Nur Sahijja Bone
  5. Sulawesi Tengah : Azis Gapnal
  6. Nusa Tenggara Timur : Yohannes Ghewa
  7. Nusa Tenggara Barat : Ellena Khusnul Rahmawati
  8. Maluku : Jamal Riry

OFFICE:

Jln. Taman Makam Pahlawan, Kompleks Perumahan Bank Bumi Daya (BBD) No. 14, Batua. Makassar 90231, INDONESIA. Email address : commit.f@gmail.com.