Tim COMMIT hadiri Buka Puasa Stakeholder Provinsi-PT Vale di Makassar

Keluarga Tim COMMIT PT Vale bersama tim Exrel dan hubungan perusahaan PT Vale (dok: COMMIT Team)

COMMITFOUNDATION – Direktur Eksekutif COMMIT Foundation, Ashar Karateng bersama program manager Jumardi Lanta dan sekretaris eksekutif, Kamaruddin Azis menghadiri buka acara Buka Puasa Stakeholder Provinsi – PT Vale Indonesia Tbk di Hotel Gammara Makassar, 22/4/2022.

Selain tim COMMIT, hadir pula beberapa perwakilan Pemerintah Sulawesi Selatan dari perangkat OPD seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Dinas ESDM hingga Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Dari ESDM nampak Dr Amrani Suhaeb, Kabid Kelistrikan serta Sekretaris Dinas Kehutanan Sulsel, Faisal.  Sekitar 40 orang hadir pada acara ini. Sebelum buka puasa dan salat magrib diisi sambutan perwakilan PT Vale Indonesia Tbk.

Endra Kusuma, Direktur Exrel dan Hubungan Perusahaan PT Vale memberi penghargaan atas kehadiran para undangan pada buka puasa ini. Dia menyebut posisinya sebagai Direktur sebagai pelanjut direktur sebelumnya, Gunawardhana Vinyaman yang berpulang tahun lalu.

Buka puasa stakeholder provinsi dan PT Vale mempertemukan kolega dan jejaring COMMIT Foundation (dok: istimewa)

“Saya baru menjabat 8 bulan, posisi yang sebelumnya dijabat almarhum Pak Gunawardhana. Kami memohon agar kita juga doakan beliau,” pintanya.

Gunawardhana adalah salah satu ‘inisiator’ Program Pengembangan Kawasan dan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM) yang saat ini sedang berlangsung, satu skema program sosial ekonomi kawasan PT Vale. Fokusnya pada akselerasi pengembangan kawasan ekonomi berbbasis kerjasama antardesa dan melibatkan COMMIT Foundation sebagai pendamping program.

Endra menyebut silaturahmi menjadi penting sebagai sebagai mahluk sosial. “Lewat telepon, lewat Zoom tapi serasa ada yang kurang,” ucapnya.

Dia juga berharap tahun ini, atau tahun-tahun ke depan setelah pandemi menuju endemi, ada agenda rutin untuk untuk silaturahmi antar stakeholder provinsi. “Kita doakan akan ada agenda rutin, silaturahmi bersama setiap enam bulan semacam gathering, roadshow, sebab pada dasarnya kita perlu silaturahmi, tali persaudaraan dan ukhuwah islamiyah. Semoga lebih baik ke depan,” harapnya.

“Mewakili manajemen PT Vale dan keluarga, saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu, ini jadi suatu kehormatan bagi kami. Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ke depan silaturahmi akan lebih baik lagi,” tambahnya.

“Kalau ke Sorowako, silakan hubungi saya, dan kita bisa bertemu di sana, sambil ngopi-ngopilah,” pungkasnya.

 

 Editor: K. Azis