Yayasan COMMIT Galang Dukungan Pasca Bencana di Palu dan Donggala

PALU, COMMIT – Kesiapsiagaan bencana, koordinasi, penanganan terkonsolidasi serta trauma healing sesudahnya merupakan hal niscaya jika menyebut bencana alam atau konflik.

Relevan dengan itu, pasca gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan sekitarnya, Yayasan COMMIT bersama jaringan organisasi LSM Sulawesi seperti SCF dan Elsim membuka peluang penerimaan donasi bagi korban bencana dimaksud baik untuk kebutuhan reaksi cepat, penyiapan obat-obatan, sembako hingga pasca bencana.

Yayasan COMMIT mengajak sahabat dan mitra sekalian untuk ikut membantu saudara-saudara kita di Palu dan sekitarnya melalui infografis berikut.

Mari!
Mari!

Kabar dari Palu

Sementara itu, Yayasan COMMIT melalui jaringannya juga telah ikut membantu dan mendorong pembentukan posko lapangan yang dikoordinir oleh Abdul Azis Tingalla, salah seorang master facilitator ex JICA-CD Project Sulawesi Tengah yang selamat dari musibah.

Menurut Aziz, posko menerima, mendistribusikan dan mendokumentadikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa tsunami Palu. Sebagian dana yang telah dikirimkan telah digunakan untuk keperluan warga.

“Masih banyak kebutuhan yang perlu disiapkan, obat-obatan, air bersih, kebutuhan pendidikan dan lain sebagianya,” kata Aziz.

Aziz, beberapa tiga hari setelah bencana (dok: istimewa)
Aziz, beberapa tiga hari setelah bencana (dok: istimewa)
Bersama memperbaiki mesin air (dok: Aziz Tingalla)
Bersama memperbaiki mesin air (dok: Aziz Tingalla)

Posko dimana Aziz berada juga melayani perbaikan sumur-sumur warga yang macet akibat gempa tsunami. Sehingga kebutuhan air bersih setidaknya sudah tertangani meskipun masih pada lingkup yang terbatas.

“Hingga hari kelima sudah ada tiga sumur warga yang diperbaiki dan berfungsi,” tambahnya.

Aziz menjelaskan bahwa selain itu, posko yang juga terhubung ke jaringa COMMIT ini juga mendirikan area untuk pemulihan trauma akibat gempa tsunami dengan fungsi sbagai tempat belajar dan bermain anak-anak, shalat dan zikir bersama.

“Bahkan ada usulan agenda stand up comedy demi recovery,” kata Aziz langsung dari Jalan Veterang Lorong 5 Kota Palu.

Yuk, sahabat sekalian kita bantu dan dukung mereka!