Home Pelatihan Pemda Pohuwato dan BI kembangkan potensi wisata Torosiaje

Pemda Pohuwato dan BI kembangkan potensi wisata Torosiaje

28
0
SHARE
Irfan Saleh, saat kunjung ke Torosiaje (dok: istimewa)

COMMIT – Kantor perwakilan Bank Indonesia Gorontalo menggelar kegiatan ‘Capacity Building UMKM Pendukung Pariwisata Desa Torosiaje’ tahun 2020.  Acara ini dilangsungkan pada hari Kamis hingga Jumat, 9-10 Juli 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam format pelatihan ini memaparkan potensi kerajinan hasil laut, paket pembuatan kerajinan hasil laut, praktik pembuatan kerajinan hasil laut hingga pengemasan produk kerajinan. Pematerinya adalah Dr I Wayan Sudar, M.Si dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

“Tak dipungkiri, Pandemic covid 19 bukan hanya saja melanda perkotaan diIndonesia, bahkan berdampak pada pedesaan seperti Desa Torosiaje yang merupakan perkampungan di atas laut yang berada di Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo,” kata kepala Baperlitbang Gorontalo, Irfan Saleh ikut memotivasi peserta pelatihan.

Menurutnya, atas kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Pohuwato setelah sebelumnya, sekitar Februari 2020 telah menggagas kerjasama untuk mengembangkan Desa Wisata Torosiaja.

“Pada Juli ini, kembali melanjutkan rangkaian kegiatan yang telah disepakati. Tepatnya tanggal 9-10 Juli 2020 dilaksanakan Pelatihan Kerajinan hasil Laut kepada para Ibu-ibu Desa Torosiaje sejumlah 30 orang,” sebut Irfan.

Pada saat itu, Irfan Saleh datang bersama Asisten 2 Pemda Pohuwato, Kabag Ekonomi, Kabid Industri dan beberapa staf. Sedangkan yang dari BI sejumlah 7 orang. “Ini bukti kesungguhan kami membangun potensi wisata Torosiaje bersama BI,” kata Irfan.

Menurut Irfan, saat ini, BI sudah ambil bagian peningkatan kapasitas kelompok Ibu-ibu penghasil laut.

“Saat itu di depan peserta, saya sampaikan bahwa pemerintah desa sudah harus juga ambil bagian, minimal menjaga kebersihan, sampah-sampah tidak ada lagi dibuang ke laut melainkan sudah diolah jadi duit atau bermanfaat,” katanya.

“Kami dari Pemda Pohuwato juga akan memfokuskan kegiatan yang sesuai dengan potensi Desa Torosiaje ini,” tutupnya.

LEAVE A REPLY