Home Info Desa Genjot Ekonomi Desa, Pemdes Boddia Galesong Bangun Pusat Kuliner

Genjot Ekonomi Desa, Pemdes Boddia Galesong Bangun Pusat Kuliner

106
0
SHARE
Suasana di lokasi Pusat Kuliner (dok: Yusuf)

COMMIT – Pemerintah Desa Boddia, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar tak mau kehilangan momentum untuk memanfaatkan keungggulan desa yang mempunyai pantai indah serta berada di beranda pulau eksotik, Pulau Sanrobengi.

Dengan realitas tersebut, pantai Desa Boddia sungguhlah indah apalagi saat sunset. Karena pertimbangan inilah, salah satu kegiatan yang saat ini dijalankan oleh Pemerintah Desa adalah Pembangunan Pusat Kulner di Pantai Boddia atau tidak jauh dari Pangkalan Pendaratan Ikan Boddia.

Menurut pendamping lokal desa (PLD) Boddia, Yusuf Daeng Malolo, geliat Boddia adalah bagian dari upaya menuju kemandirian desa.

Hal tersebut sudah mulai terasa sejak dinakhodai Kades Nasri. S.Sos. Dg Nompo dengan dibangunnya lapak/warung ikan tepatnya di Dusun Boddia Ujunga.

“Lokasi ini cukup strategis mengingat intensitas warga berkunjung terutama anak muda di dermaga setiap sorenya. Juga karena adanya TPI yang setiap paginya sebagai muara kedatangan ikan dibawa nelayan Galesong,” kata Yusuif.

Menurut Yusuf, yang membedakan adalah bahwa lokasi ini memiliki nuansa pemandangan indah Pulau Sanrobengi di kala matahari terbenam.

“Inilah yang membuat Kades bersama warga berinisiatif membangun lapak dan telah dibahas di Musrenbang. Lapak ini bersumber dari sisa lebih penggunaan anggaran 2018 dana desa,” katanya.

Pusat Kuliner di Desa Boddia menggunakan dana desa (dok: Yusuf)

“Salah satu tujuan dibangunnya lapak ini adalah bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir. Pembangunan ini sudah hampir rampung atau telah mencapai 90% yang dilaksanankan oleh TPK (Tim Pengelola Kegiatan) yang dipilih oleh masyarakat.

“Pekerjaan lapak telah berlangsung sekitar sebulan. Salah satu impian penjabat kepala desa Nasri S. Sos adalah bagaimana membuat Desa Boddia menuju Desa Wisata Berbasis Kuliner,” tambah Yusuf.

Fasilitas tersebut dilengkapi tempat bilas serta kamar ganti bagi yang ingin berenang dan menghabiskan waktu berakhir pekan di Desa Boddia.

Untuk memastikan pengelolaan dan memanfaatkan dampak ekonomi dan keberlanjutannya, Pemdes berharap akan dikelola oleh Bumdes Boddia.

Mari dukung Pemerrintah Desa Boddia agar cita-cita Desa Kuliner terwujud! (*)

 

LEAVE A REPLY