Home Agenda Rencana Pelatihan dan Penerbitan Buku Terjemahan ‘Reaching Out to Field Reality’

Rencana Pelatihan dan Penerbitan Buku Terjemahan ‘Reaching Out to Field Reality’

359
0
SHARE

Dear COMMITers,

Yayasan Masyarakat Peduli (YMP) di Lombok Timur bekerjasama dengan Mura No Murai (ex-Somneed) lembaga yang dibina, dikelola dan didirikan oleh Nobuaki Wada dan Toyokazu Nakata, dua orang Guru pemberdayaan masyarakat akan melaksanakan 3 kegiatan, yaitu 1. Master facilitator Training for International Participants, 2. TOT for Indonesia Participants dan 3. Penerjemahan dan penerbitan buku “Reaching Out to Field Reality”, yang ditulis oleh kedua guru tersebut.

Pelatihan akan berlangsung tanggal 26-30 Maret 2016 di Kota Selong, Lombok Timur, sekira 70an kilometer sebelah timur Kota Mataram atau 30-45 menit dari Bandara International Lombok di Praya Lombok Tengah. Selong adalah basis kerja dan lokasi kantor YMP yang dipimpin oleh Ellena Khusnul Rahmawati, peraih Ashoka Fellowship tahun 2014.

Ihwal Penerbitan Buku.

Buku yang disebut di atas diterbitkan pertama kali dalam bahasa Jepang pada tahun 2010, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris tahun 2015 dan juga bahasa Parsi (2015). Edisi terjemahan Indonesia telah diserahkan oleh penulis ke Yayasan Masyarakat Peduli untuk diterjemahkan dan diterbitkan. Seluruh pembiayaan atas penerjemahan dan penerbitan akan ditanggung oleh YMP sementara COMMIT membantu dalam proses editing, layout dan konsultasi penerbitan.

Saat ini seluruh proses penerjemahan, editing, layout sudah selesai dan sekarang telah dilaksanakan proses pencetakan yang akan ditangani oleh Gramedia. Kami berharap, edisi Indonesia sudah bisa kita peroleh pada awal bulan Maret nanti. Mengenai harga dalam edisi Indonesia akan ditentukan oleh penyandang dananya dalam hal ini YMP.

Seberapa penting buku ini? Buku ini sangat berguna untuk pekerja pemberdayaan masyarakat, yang mungkin saja selama ini masih penasaran mengapa banyak praktik atau program pemberdayaan masyarakat di Indonesia belum mampu menguatkan masyarakat dalam dimensi yang lebih luas. Paparan mengenai aspek makro dan mikro berkaitan dimensi perubahan, perencanaan, pembangunan, belitan industrialisasi/modernisasi, paparan rinci mengenai metodologi dan fasilitasi pemberdayaan masyarakat didedah dalam buku ini. Sebagai bocoran, buku ini mengedepankan esensi pembangunan yang mengangkat kebanggaan ‘pride’ masyarakat ketimbang larut dalam jebakan belas kasih pihak luar secara berkepanjangan.

Info Buku:

Judul Asli: Reaching Out to Field Reality : Meta-Facilitation for Community Development Worker. Mura no Mirai, Takayama Japan 2015. www.muranomirai.org. Copyright @ Nobuaki Wada and Toyokazu Nakata, 2010

Penerjemah: Supriyono. Tim Penyunting: Ashar Karateng, Kamaruddin Azis, Ellena Khusnul Rahmawati. Disain Sampul dan Tata Letak: Aditi Mendoza, Zatriawan. Illustrasi: Wada Aska, Saifullah

***

Jika Anda tertarik memesan buku dimaksud sila menghubungi; Ashar Karateng, email: akarateng@yahoo.com dan commit.f@gmail.com atau Kamaruddin Azis: daeng.nuntung@gmail.com.

 

LEAVE A REPLY